Istilah-Istilah Dalam Google Adsense

daftar istilah dalam google adsense
Ilustrasi Adsense
Sumber poto: flickr.com
Setelah kita membuat blog untuk google adsense, sebelum blog kita didaptarkan, ada baiknya kita mengetahui istilah-istilah yang ada dalamnya. Minimal ini sebagai bekal pengetahuan agar kita memahami karakter dari google adsense tersebut. Di bawah ini saya tuliskan beberapa istilah:


Daftar Istilah Dalam Google Adsense

1. Publisher

Publisher adalah orang yang memiliki blog/web yang disetujui oleh google untuk menayangankan iklannya.

2. Ad Units

Ads unit adalah iklan-iklan google yang bisa dipasang di blog/web publisher. Ada banyak ukuran dan bentuk ad units yang bisa dipilih oleh publisher sesuai dengan keinginan dan kondisi blognya.

3. Link Units

Link unit adalah iklan google yang berbentuk link. Biasanya kalau ada yang meng-klik link units itu akan terbuka pada suatu iklan tertentu.

4. AdSense For Content

AdSense for Content adalah iklan adsense yang dipasang di suatu halaman. Iklan adsense for content yang muncul sesuai atau relevan dengan isi postingan sebuah halaman. Ads Unit dan Link Units termasuk dalam kelompok AdSense For Content.

5. Alternate Ads

Alternate Ads sipatnya terbatas. Tidak selalu muncul karena alasan: stok iklan telah habis atau google tidak bisa memperkirakan isi sebuah halaman blog/web.

6. Channels

Chanel adalah label yang kita buat terhadap iklan yang kita pilih untuk dipasang di blog/web. Channel ini kita bebas menentukan yang bertujuan untuk memantau dari iklan yang mana saja penghasilan itu datang.

7. Page Impressions

Page impressions adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung iklan google dibuka oleh visitor.

8. Clicks

Clicks adalah jumlah klik pada iklan di sebuah blog/web. Inilah yang mendatangkan penghasilan pada publisher.

9. CTR (Clickthrough Rate)

CTR adalah persentase antara jumlah klik pada iklan dengan jumlah tampilan iklan yang ikut terbuka (pageimpressions) oleh visitor.

10. CPC (Cost Per Click)

CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher pada ads unit tertentu. Nilai CPC berbeda-beda tergantung pada perporma atau kualitas blog/web publisher.

11. ECPM (Effectife CPM)

ECPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publiher dengan jumlah impresi halaman per 1.000 yang ia dapatkan dari iklan google.

Nah, sekian dulu tulisan kecil tentang istilah-istilah dalam Google Adsense, semoga bermanpaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Istilah-Istilah Dalam Google Adsense

0 comments:

Posting Komentar