Cara Membuat Video Youtube Original

Cara Membuat Video Youtube Original itu gampang-gampang susah, lho. Gampang kalau kita tahu cara dan mempunyai peralatannya. Susah ya kalau tidak tahu cara dan tidak punya peralatannya. Nah, blog Kisah Sukses Blogger kali ini akan membahas tentang beberapa cara membuat video yang nantinya akan kita upload ke Youtube. Jadi ini untuk newbie seperti saya yang belajar membuat video, bukan tulisan untuk para mastah. Jadi kalau merasa newbie, silahkan lanjut bacanya. Kalau mastah, maap anda salah masuk kamar, atau kalau mau silahkan komen, hehe...

Cara Membuat Video Youtube Original
Video Original

Untuk membuat Video Youtube Original terlebih dahulu yang harus kita persiapkan adalah:

  1. Peralatan. Kalau punya kamera digital itu lebih bagus. Pake kamera ponsel pun bisa, asal yang resolusi kameranya yang lumayan bagus. Usahakan jangan pake ponsel produk negeri babah ngamuk, kualitasnya enggak bagus.
  2. Rencanakan tema video yang akan kita buat. Tentang apa video kita itu. Misalnya tentang tutorial membuat blog, tentang orang sedang membajak sawah, tentang tatacara perkawinan adat Sunda, dan lain-lain. Bisa kita gali tema ini di sekitar kita. Pokoknya banyaaaaaakkkkkkk, kita takan kehabisan tema asal kita kreatif.
  3. Tentukan durasi video yang akan kita buat. Maksudnya supaya tidak terlalu pendek juga tidak terlalu panjang.
  4. Responsif. Nah, ini tak kalah pentingnya. Maksudnya, kita selalu siap merekam suatu momen atau peristiwa yang tiba-tiba terjadi tanpa direncanakan. Misalnya apa? Misalnya ada kejadian kecelakaan, ada bencana, ada tawuran, ada penomena alam yang langka, atau apa saja yang tiba-tiba terjadi dan menurut kita menarik.

Cara Membuat Video Youtube Original sebenarnya bisa dilakukan dengan perencanaan atau malah tidak direncanakan sama sekali. Tapi yang utama adalah kita harus membuat beberapa pertanyaan terlebih dahulu pada video yang akan kita buat.

  1. Apakah video yang akan kita buat ini menarik sehingga nantinya akan banyak dilihat orang? Bila jawabannya ya, lanjut ke tahap pembuatan. Bila tidak atau ragu-ragu, ya simpan dulu saja niatnya, hehe. Nanti kita pikirkan lagi.
  2. Apakah video yang akan kita buat ini banyak diperlukan orang? Untuk pertanyaan ini, bila mengandung informasi baru baik itu berupa tutorial, atau apapun yang berupa informasi, jawabannya pasti ya akan banyak diperlukan banyak orang. Misalnya video tentang cara membuat, cara memperbaiki, cara memulai, cara menyiasati, dll..
  3. Apakah video kita tidak mengandung SARA dan TOS Youtube lainnya? Jawabannya harus tidak!
  4. Apakah video yang akan kita buat ini benar-benar baru, belum ada yang mirip? Idealnya jawabannya adalah ya ini baru, belum ada yang membuat, belum ada di Youtube.

Video Youtube Original sangat disukai Youtube. Karena menambah kekayaan baru. Ibaratnya, si Mbak YT ini sudah punya video tentang membuat nasi goreng, membuat donat, membuat pisang goreng, tapi belum punya video tentang membuat jus terasi, hehehe. Lalu kita datang mengupload video cara membuat jus terasi. Maka, si Youtube kekayaannya bertambah dengan item yang baru. Ini benar-benar disukai. Jadi usahakan membuat video yang jenis-jenis beginian, itu akan menempati posisi yang istimewa banget di mata Mbak YT. Ok..

Cara Membuat Video yang sederhana itu gimana sih? Itu pertanyaan newbie banget seperti saya ini. Saya punya beberapa koleksi Cara Membuat Video Youtube Original, yaitu:

  1. Untuk membuat video tutorial saya menggunakan software Free Screen Recorder. Bagaimana tata caranya tidak akan dijelaskeun di sini, silahkan cari di Google dengan kata kunci "free screen recorder".
  2. Dengan membuat video slide yang sumbernya adalah poto-poto satu tema yang kita miliki. Caranya silahkan juga cari di Google dengan kata kunci "membuat video slide".

Cara Membuat Video kalau kita tahu caranya, akan mudah kita lakukan. Yang penting kita mau belajar dan berusaha terus sambil mencari cara-cara yang bisa menghasilkan video terbaik. Sekian dulu, semoga tulisan tentang Cara Membuat Video Youtube Original ini bermanpaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Video Youtube Original

8 comments:

  1. saya masih bingung
    http://rinddiany.blogspot.com

    BalasHapus
  2. terima kasih tips nya...
    jangan lupa kunjungi blog saya Bangbis

    BalasHapus
  3. terima kasih informasi belajarnya gan, mampir juga
    mampir juga gan http://burgersosis.blogspot.com Tips dan Cara Bisnis Online Tanpa Modal

    BalasHapus
  4. mantap trimakasi infonya ,insya allah akan saya praktekan, kunjungi jiuga blok yang baru saya buat . http://infocom8.blogspot.com maaf masih belajar

    BalasHapus
  5. artikel yg menarik, terimakasih
    _______________________________________
    Odong-odong TV
    Penyedia Musik Gratis untuk videomu

    BalasHapus
  6. thanks gan...

    http://ademulyawanskw.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  7. Masih bingung menentukan tema nya tentang apa? Sepertinya saat ini masih fokus dulu di blog http://alamat-jelas.blogspot.com

    BalasHapus