Cara Membuat Channel Youtube Yang Benar

Cara Membuat Channel Youtube yang Benar sebenarnya mudah-mudah saja. Hanya, apakah channel yang kita buat bisa bersaing di pencarian video youtube, itu yang jadi pertanyaan. Kan tujuan kita membuat channel itu agar video-video yang kita upload bisa ditonton oleh sebanyak-banyaknya pengunjung Youtube dan bisa mendatangkan dollar yang banyak ke dompet kita. Di dunia internet visitor = uang. Semakin banyak visitor yang mengunjungi channel kita, semakin besar kemungkinan kita mendapatkan penghasilan. Asik, kan? Jadi kita harus membuat channel jangan asal-asalan. Harus direncanakan dengan matang. Sematang-matangnya agar terlihat ranum, kan kalau sudah ranum banyak orang yang ingin memetiknya, hehe emangnya buah-buahan? Tapi enggak ngaco-ngaco banget sih, pada intinya kita harus membuat channel yang menarik visitor juga mesin pencari (google, bing, dll)

Yang harus kita lakukan dalam  Membuat Channel Youtube adalah:


1. Membuat Nama Channel


Dalam membuat nama Channel Youtube, pertama-tama kita pergi ke Google Adword Keyword Planner. Riset kecil-kecilan agar kita bisa mendapatkan data yang benar, bukan hanya perkiraan. Oke. Hal ini bertujuan agak nama channel kita adalah berisi sebuah keyword di Youtube yang benar-benar banyak dicari oleh pengunjung. Kita harus membuat Youtube sebagai dasar dari riset untuk nama channel yang akan kita buat. 

Cara Membuat Channel Youtube

Oke,  kita langsung saja ke Google Adword Keyword Planner:


Saya anggap anda telah masuk ke Google Adword Keyword Planner. Penting dilakukan:

  • Buatlah sebuah channel satu niche saja, jangan campuran atau gado-gado. Misalnya tentang video lucu tentang kucing. Jadi lebih spesifik. Kalau hendak upload tentang video monyet yang lucu, kita buat channel lagi. Pokoknya satu niche. 
  • Di Google Adword Keyword Planner pada kolom Laman Landasan Anda masukan link https://www.youtube.com. Ini karena kita hendak mencari keyword yang populer di Youtube, lebih spesifik, bukan di google secara umum. Ini penting sekali agar hasil yang kita dapatkan lebih mantapssssssss......hehe.
  • Pada filter kata kunci (klik dulu itu) kita pilih persaingan yang menengah dan rendah saja. Jangan yang persaingannya tinggi, ntar kita enggak kuat. Kita kan baru akan membuat channel. Kita ceklist kolom menengah dan rendah.


  • Oya, pada penargetan kita pilih Negara: United States. Kenapa tidak Indonesia? Ini karena youtube mudah banyak digemari oleh orang negara Paman Sam sono. Bahasa juga kita masukan Inggris. 



Setelah itu kita klik Dapatkan Ide (Tombol warna biru muda). Setelah itu kita akan dibawa ke hasil dari Google Adword Keyword Planner dari sebuah keyword yang kita tulis tadi. Berapa banyak orang yang mencari keyword tersebut. Lalu mana yang harus kita pilih? Kita tidak akan melihat Ide Kata Kunci, tapi akan melihat di Ide Grup Iklan. Karena kita akan monetize video di channel kita nanti, maka pilihlah yang nilai Tawaran Yang Disarankan-nya besar. 

cara membuat channel Youtube yang Benar
Kita lihat yang nilai Tawaran yang disarankan-nya tinggi/besar adalah funny dog video. Tingkat persaingannya pun rendah. Jadi kita akan mudah bersaing di Youtube. Kata kunci seperti funny cat videos dan funny animal videos pun lumayan tinggi tawaran yang disarankan-nya. Lalu apa yang kita dapatkan dari hal tersebut. Kita bisa membuat 3 buah channel Youtube. Atau hanya 1 buah channel dengan gabungan tiga kata kunci itu. Misalnya kita akan buat nama channel kita adalah: Full Funny Dog Cats Animal Videos. Atau bila hanya akan satu kata kunci yang dipilih, misalnya: Full Funny Dog Videos, atau Full Funny Cats Videos, atau juga Full Funny Animal Videos. Paham, kan?


Bila kita sudah bulat mengambil keputusan sebuah keyword/kata kunci untuk nama channel, kita akan pergi dulu ke Google Plus dulu. Yang sudah mempunyai GMail pasti sudah terintegrasi. Saya anggap anda sudah mempunyai akun Google plus. Pada menu Home (klik dulu), kita kemudian klik PAGES. Kita akan membuat sebuah halaman di Google Plus. Tujuannya adalah agar halaman / page yang kita buat di Google Plus untuk mempromosikan video-video yang kita upload.

Kemudian kita pergi ke Youtube dan Halaman / Page yang kita buat di Google Plus akan muncul bila kita mengklik Creator Studio. Nah, di Channel itulah kita akan mengupload video-video kita. Sekian dulu tulisan tentang Cara Membuat Channel Youtube Yang Benar
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Channel Youtube Yang Benar

12 comments:

  1. halo mas eka.. aman kah membuat beberapa chanel youtube dalam satu akun... gmail.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan soal berapa channelnya soal aman tidaknya, tapi videonya aman enggak. Kalau soal channel ga masalah

      Hapus
    2. bisa saya upload video kok tidak terlihat oleh orang yah dah tidak dapat di lihat oleh teman saya juga yang di taiwan tolong dong agar dapat terlihat oleh orang.
      nanti saya kasih pulsa deh 10rbu kalo bisa bantu hehe

      Hapus
  2. nice info gan..mampir kesini juga ya & minta masukannya,makasih..
    Lagu Religi 2015 ~ Maafkan Aku (Live)
    http://www.youtube.com/watch?v=wXghY2x4hvI

    BalasHapus
  3. nice post gan. :)
    mampir ke sini gan, mohon kritik dan sarannya :)
    terima kasih master2

    BalasHapus
  4. Oh ini webnya mas Eka? makasih mas sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. gan, kalau kita uplond youtube tampa duluan kita klik Creator Studio bisa gak, atau sama gak dengan kita clik Creator Studio dulu...?
    dan saya sudah bnyak upload video tpi cuma satu video yang ada pendapatannya, sedangkan video lain sudAH Dimonitisasi semua... tapi tidak ada pendapatan...
    tolong gan solusinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung klik upload. Soal video yang belum menghasilkan tentunya tergantung banyak hal, misalnya apakah video itu ada yang melihatnya, negara mana targetnya. Soalnya kl target Indonesia nilai klik iklannya kecil.

      Hapus
    2. jadi kalau udah sampe 200 view kenapa youtube saya tepat oo dolar

      Hapus
  6. bermanfaat banget gan, cocok buat pemula kaya ane yang pengen belajar buat chanel yt yang bener , thanks artikel nya gan, sangat membantu,

    BalasHapus
  7. Mas saya buat video dan saya upload di youtube kok tidak terlihat oleh orang dan teman saya yah tolong bantu dong agar dapat terlihat nanti saya kasih imbalan deh plsa 10rbu hehe..
    nie nomer saya 087773770567
    kalo bisa bantu sms aja

    BalasHapus