Visitor Turun Drastis Berbagai Penyebab dan Solusinya

Visitor Turun Drastis Berbagai Penyebab dan Solusinya - Kisah Sukses Blogger - Visitor Turun Berbagai Penyebab dan Solusinya,blog punya kemungkinan visitornya naik atau turun,ketika visitor turun drastis kita cari penyebab dan solusinya.

Seneng kalau visitor blog kita terus naik. Kalau blog kita dimonetize, apa itu dengan Google Adsense, Yelix, AdsOptimal, PopCash, dan lain sebagainya, tentu earning atau pendapatan pun semakin meningkat. Tapi kalau sebaliknya, visitornya turun, kita pun bersusah hati, dan bertanya-tanya: apa penyebabnya dan bagimana mengembalikannya agar visitor kembali naik?

Penyebab Visitor Blog Turun Drastis

Banyak sih paktor yang jadi penyebab visitor sebuah blog turun. Sebenarnya, visitor turun dalam jumlah yang wajar, itu tidak masalah. Tapi visitor yang ngedrop, itulah masalahnya. Misalnya, yang tadinya visitornya ribuan, tiba-tiba ngedrop hanya puluhan saja, tidak sampai seratus. Itulah yang harus diwaspadai.

visitor turun
Visitor Blog Turun Drastis

Beberapa hal / faktor yang menyebabkan visitor blog turun drastis:

1. Deindex

Blog dianggap melanggal TOS Webmaster, misalnya melakukan spam berlebihan, backlink berlebihan dan tidak natural, dan lain-lain, sehingga mesin pencari, terutama Google mengesampingkan pengindexan blog. Artinya, blog kita tidak diindex lagi oleh Google. Biasanya Google mengirimkan email yang memberitahukan blog kita dikesampingkan dari pengindexan Google.

2. Musim atau Trend

Ada beberapa keyword yang sangat tergantung dengan trend atau musim yang terjadi dalam lingkup yang luas. Misalnya blog kita memakai keyword busana muslim, biasanya keyword tersebut menanjak 3 bulan menjelang lebaran, dan turun drastis setelah lebaran. Bahkan di suasana H - 7 dan H + 7, hampir semua blog di Indonesia mengalami penurunan visitor, itu disebabkan karena pengguna internet lebih disibukan dengan urusan lebaran, mudik ke kampung halaman, atau balik kembali ke kota asalnya.

Atau blog dengan niche / keyword tanaman, saat musim kemarau biasanya visitornya turun, dan menanjak kembali setelah musim hujan tiba.

3. Jarang Diupdate

Blog yang jarang diupdate biasanya visitornya akan terus turun secara drastis. Ini disebabkan robot pengindexan tidak menemukan hal baru di blog kita, sehingga menurunkan rangking dan sulit ditemukan di page one.

4. Perubahan Alogaritma Google

Secara berkala alogaritma atau sistem pengindexan google sering diupdate, tujuannya untuk memperbaiki sistem pengindexan menjadi lebih baik. Dulu blog yang bisa menduduki page one adalah blog dengan backlink yang banyak dan berkualitas. Sekarang kontenlah yang menjadi raja, template yang mobile frinedly juga menjadi paktor yang penting. 

Kadang-kadang blog kita terkena pengaruh visitornya turun gara-gara update alogaritma yang dilakukan oleh Google.

Solusi Bila Visitor Blog Turun Drastis

Solusi bila blog kita visitornya turun drastis adalah harus sesuai dengan penyebabnya. Bila turunnya karena jarang diupdate, ya segera update kembali blog tresebut dengan postingan-postingan yang unik dan original. Bila karena perubahan alogaritma, apa yang tidak cocok dengan alogaritma dari blog kita. Bila karena musim atau trend, ya sabar tapi terus posting, nanti trendnya bangkit lagi atau musimnya tiba lagi, blog kita bisa naik lagi visitornya.

Solusi Blog yang Terkena Deindex / Penalti dari Google

Khusus untuk blog yang kena deindex, sebaiknya dibuang saja. Aduh, kan sayang sudah banyak artikelnya? Ada solusinya dengan mengimport artikel dalam blog tersebut. Setelah diimport, hapus semua artikel di blog yang terkena deindex tersebut.

Kemudian artikel yang kita import tadi dan tersimpan di laptop kita, bisa kita posting di blog baru kita, mau dimodifikasi dulu lebih baik, tidak juga tidak apa-apa. Soalnya kalau kita terus ngutak-ngatik blog yang terkena deindex atau difinalti Google, itu susah banget. Lebih baik artikelnya kita ambil, blognya dihapus, lalu kita membuat blog baru yang seniche, lalu artikel dari blog yang deindex itu kita posting di blog baru.

Nah, itulah artikel kali ini tentang visitor yang turun atau cara mengatasi visitor yang turun serta mengetahui penyebabnya. Semoga bermanfaat.
 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Visitor Turun Drastis Berbagai Penyebab dan Solusinya

1 comments:

  1. mantap infonya gan, kalau boleh tahu backlink yang benar itu yang bagaimana gan??

    BalasHapus