2 Cara Riset Kata Kunci yang Benar dan Tepat Sasaran

2 Cara Riset Kata Kunci yang Benar dan Tepat Sasaran - Kisah Sukses Blogger - Adalah Cara Riset Kata Kunci yang Benar dan Tepat Sasaran,  agar kata kunci yang kita bidik untuk sebuah artikel benar-benar jadi kekuatan sebuah artikel.

Namun sebelum kita melakukan riset kata kunci, biasanya kita memang sudah siap dengan sebuah kata kunci di pikiran kita, lalu kita tinggal  mengetahui seberapa banyak pencariannya, saingannya,  dalam setiap bulan. 

Kata kunci itu sendiri terdiri dari 3 jenis:
1. Head keyword. Adalah kata kunci yang terdiri dari 1 kata. Misalnya, kulit, jerawat, blog, dan lain-lain;
2. Body keyword. Adalah kata kunci yang terdiri dari 2 atau 3 kata. Misalnya, cara menghaluskan kulit, obat untuk jerawat, cara membuat blog, dan lain-lain;
3. Long Tail Keyword. Adalah kata kunci yang lebih dari 4 kata. Misal, cara menghaluskan kulit dengan cepat dan aman, obat untuk menghilangkan jerawat, cara membuat blog dengan mudah dan cepat, dan lain-lain.

Cara Riset Kata Kunci yang Benar dan Tepat Sasaran

Bagaimana langkah agan-agan ketika melakukan riset kata kunci? Saran saya dalam melakukan riset kata kunci adalah:

1. Pilihlah kata kunci jenis body keyword  supaya saingannya tidak terlalu berat tapi tingkat konversi terhadap money site sangat tinggi, bila blog kita dijadikan money site, misalnya dipasangi adsense.
2. Jangan dulu menuju Google Keyword Planner atau tool lainnya untuk mengetahui jumlah pencarian dan tingkat persaingan. Tapi kita cek dulu di browser. Ketikan kata kunci kita di browser, misalnya kita ketikan kata kunci: obat menghilangkan jerawat.

*klik gambar untuk melihat lebih jelas*
cara riset kata kunci yang benar
Cara Riset Kata Kunci yang benar
Kita lihat ada iklan barisnya atau tidak ada? Kalau ada itu keyword boleh diambil. Kalau tidak, jangan diambil, cari lagi keyword yang relevan. Kata kunci yang bagus ketika dicek dibrowser adalah:
1. Ada iklannya di bagian atas hasil pencarian, biasanya iklan baris;
2. Ada iklannya di bagian kanan hasil pencarian;
3. Ada iklannya di bagian bawah hasil pencarian.

Kalau hanya ada satu bagian iklan atau dua bagian, masih boleh diambil. Yang paling bagus ada di bagian ketiga-tiganya.


Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Keyword Planer Secara Efektif

Setelah kita yakin dan akan mengambil kata kunci yang telah dicek browser, nah sekarang kita baru akan menggunakan Google Keyword Planner. Silahkan agan masuk ke sana menggunakan akun milik agan.

Perhatikan ini:

1. Set bahasa sesuai dengan bahasa keyword. Indonesia untuk keyword bahasa Indonesia, English untuk kata kunci berbahasa Inggris.

Riset kata kunci dengan Keyword Planner

2. Set negara sesuai bahasa dan target kata kunci tersebut.
3. Set pencarian perbulan (show avg. monthly search) pada 500 s.d. 2500, tingkat persaingan Low

Cara Riset Kata Kunci


4. Set yang sesuai dengan pencarian kita

Set Keyword Option  Keyword Planner

5. Setelah semua settingan itu disave, klik Get Ideas. Hasilnya seperti ini:

Hasil riset kata kunci Keyword Planner

6. Kita analisa hasil riset keyword planner di atas. Kita lihat pada sugeted bird hanya kisaran ratusan rupiah. Itu berarti Google menawarkan pemasangan iklan dengan harga murah, dengan kemungkinan bahwa pemasang iklan dengan keyword tersebut sangat jarang.

Maka, bila kita memaksakan mengambil kata kunci tersebut untuk dijadikan kata kunci artikel pada blog kita, akan jarang iklan yang relevan dengan konten. Hasilnya pada penghasilan web yang di money site, sangat rendah. Terserah apa mau diteruskan, atau riset kata kunci yang lebih bagus.

Tapi menurut saya kata kunci tersebut kurang profitable, sebaiknya tidak dipakai dan kita riset kata kunci yang lain.

7. Atau kita teruskan riset kata kunci itu dengan mengubah beberapa settingan di atas. Mengubah Customize your search, pada show avg. monthly search-nya antara 1.000 s.d. 5.000,

Mengubah settingan Keyword Planner

8. Hasil pencarian setelah diubah settingnya sebagai berikut:

Hasil riset keyword planner

Analisa, menurut saya hasilnya tetap tidak profitable, sebaiknya kita cari kata kunci yang lainnya. Saya memberi contoh bagaimana mencari kata kunci yang bagus, tapi ternyata gagal. Jadi mari kita mencari kata kunci yang lebih profitable.

Mencari Kata Kunci yang Profitable

Kita akan ganti kata kuncinya, tapi masih berhubungan dengan jerawat. Misalnya karena jerawat itu ada di wajah, kita coba dengan kata kunci merawat wajah. Kemudian Customize your search pada item show avg. monthly search-nya kita biarkan kosong, tidak usah diisi.


Customize search Keyword Planner

Kita enter dan hasilnya seperti ini:

Riset keyword yang bagus

Analisa: dengan settingan demikian kita bisa mendapatkan kata kunci yang cukup bagus, persaingan rendah tapi jumlahnya lumayan banyak, kemudian sugested birdnya pun bagus, kisaran Rp. 1000 - Rp. 3.000. Maka saran saya, ambilah kata kunci ini, cukup profitable.

Menulis Artikel Setelah Riset Keyword

Kemungkinan dari kata kunci ini, semakin mahal sugested bird artinya peminat pemasang iklan cukup banyak dan bila website dimoney site dengan kata kunci itu akan banyak iklan yang relevan dengan konten berkata kunci merawat wajah, dengan struktur artikel sebagai berikut:

1. Judul <h1> : Merawat Wajah Secara Alami dan Mulus
2. Sub Judul <h2> : Merawat Wajah Secara Alami dengan Cepat

Atau silahkan anda improvisasi sendiri dengan catatan:

1. <h1> : body keyword
2. <h2> : long tail keyword

Oya, saya ada oleh-oleh sebuah video Eka Lesmana bagaimana cara dia menulis sebuah artikel yang baik, saya cuplikan dari Youtube, Channel Eka Lesmana. Selamat menonton:



Ingin Membaca Artikel Ini Dalam Bentuk Ebook


http://www.mediafire.com/view/vua2kpkejn4jphy/2_Cara_Riset_Kata_Kunci_yang_Benar_dan_Tepat_Sasaran.pdf

 
Cukup jelas, kan? Ya, demikian artikel kali ini tentang Riset Kata Kunci yang benar dan tepat sasaran, semoga bermanfaat buat anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 2 Cara Riset Kata Kunci yang Benar dan Tepat Sasaran

0 comments:

Posting Komentar