Panjang Artikel Setelah Google Memperhitungkan Pencarian Perangkat Mobile

Panjang Artikel Setelah Google Memperhitungkan Pencarian Perangkat Mobile - Bulan Mei 2015 ini menjadi momen bersejarah bagi dunia blogging, di mana Google memperhitungkan pencarian melalui perangkat mobile (ponsel, tablet, smartphone) suatu blog atau website. Artinya, suatu blog atau website haruslah mobile friendly - pertama-tama theme atau templatenya, sehingga mudah diakses oleh perangkat mobile. Hal ini wajar karena pencarian melalui perangkat mobile meningkat secara signifikan dan diprediksi bakal mengalahkan pencarian melalui perangkat dekstop di masa-masa yang akan datang. 

Soal theme atau template mobile friendly itu hal mudah karena rata-rata theme yang ditawarkan baik secara gratis maupun berbayar memang sudah mobile friendly. Lalu, kita berpikir dan bertanya, apakah panjang artikel atau postingan harus juga mobile friendly?

Artikel Mobile Friendly, Tahap Selanjutnya Alogaritma Google

Setelah theme mobile friendly, Google mengacak-ngacak ratusan juta blog di dunia maya, mengindentifikasi mana yang mobile friendly kemudian mengangkatnya ke posisi yang baik, dan menghempaskan yang tidak mobile friendly - meskipun tidak seluruhnya, saya yakin ketika persentase pencarian melalui perangkat mobile menyalip pencarian melalui perangkat dekstop, artikel yang mobile friendly akan menjadi sasaran berikutnya.

artikel mobile friendly
Artikel mobile friendly
(sumber poto: developers.google.com)

Artikel mobile friendly, maksudnya apa?

Kita tahu perangkat mobile mempunyai keterbatasan dalam layar dimana sebuah konten ditampilankan, tidak seluas perangkat dekstop. Pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile pun menyukai konten-konten yang singkat dan padat dengan informasi. Mereka tidak menyukai konten yang panjang. Itu dasarnya.

Lalu?

Ahli SEO mengatakan bahwa konten is the king. Kabarnya, konten yang baik dan mendapat perhatian Google adalah yang 500 kata ke atas. Panjang, panjang banget! Untuk saat ini mungkin saja benar, tapi ke depan teknik SEO tentang panjang artikel ini saya yakin akan direvisi. Jelas orang yang mencari informasi lewat perangkat mobile tidak menyukai konten yang panjang. Mereka, sekali lagi, menyukai konten yang singkat dan padat informasi.

Konten yang kaya informasi itu tidak berarti harus panjang. Kita bisa memecah-mecahnya dalam beberapa judul bila memang tidak cukup ditulis dalam satu judul. Berapa jumlah kata yang mobile friendly? Saya kira 250 - 300 kata cukup moderat untuk ukuran artikel yang mobile friendly.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Panjang Artikel Setelah Google Memperhitungkan Pencarian Perangkat Mobile

0 comments:

Posting Komentar