Cara Copas Artikel yang Aman dan Benar

Cara Copas Artikel yang Aman dan Benar. Saya pikir, setiap blogger pernah meng-copas artikel orang lain, baik seluruhnya ataupun sebagian, baik yang dizinkan ataupun yang tidak, baik mentah-mentah ataupun yang dimodifikasi, baik yang kemudian mencantumkan link sumber artikel maupun yang tidak. Hal itu wajar-wajar saja, meskipun ya ada juga yang menganggap kurang ajar. Tapi mari kita anggap saja sebagai dari proses pembelajaran menjadi blogger dengan zero copas artikel orang lain.

Cara Copas Artikel yang Aman dan Benar
Cara Copas Artikel yang Aman dan Benar


Agar Cara Copas Artikel yang kita lakukan Aman dan Benar, maka ada beberapa kode etik yang harus kita tempuh. 

1. Copas dulu artikel yang kita pilih. Block kemudian Ctrl + C

2. Jangan langsung kita Paste ke Blog kita. Namun buka dulu Notepad. Maksudnya adalah, ketika kita copas sebenarnya semua elemen yang terlihat dan tersembunyi di dalam artikel itu akan terbawa semua. Hal ini sebenarnya berbahaya. Maka dengan mem-paste-kan ke dalam Notepad semua elemen yang tersembunyi dalam artikel yang kita copy akan hilang. 

3. Save As dulu Notepad yang berisi artikel copasan itu ke komputer kita dengan memberi label terlebih dahulu. Kemudian tutup notepad tersebut.

4. Buka kembali Notepad tadi. Kemudian copy kembali artikel di dalam notepad itu.

5. Pastekan ke dalam blog kita. Selesai artikel copasan kita sudah jadi.

Saran yang sangat penting sebaiknya kita modivikasi dulu artikel tersebut. Jangan copas 100 persen. Kamudian cantumkan link sumber artikel tersebut. Lebih baik kirim email ke pemilik artikel yang kita copas tadi untuk meminta izin artikelnya kita posting di blog kita. Setelah ada balasan dari si pemilik artikel, kalau mengizinkan ya kita posting. Kalau tidak mengizinkan jangan memaksa karena bisa kita bisa dilaporkan ke Google dan blog kita bisa kena banned atau setidaknya kena deindex (tidak diindex oleh Google).

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Copas Artikel yang Aman dan Benar. Semoga bermanpaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Copas Artikel yang Aman dan Benar

1 comments:

  1. ...saya nggak keberatan artikel saya dicopas - selama mencantumkan sumbernya (blog saya) atau dengan tidak menghapus/mengubah amaran yang saya tulis di akhir tulisan. Salam (blog.ryanmintaraga.com)

    BalasHapus